Class adalah objek perluasan dari struktur data. Kelas dapat memegang data dan fungsi.
Object adalah instan dari kelas. Di sini kelas akan menjadi JENIS dan objek akan menjadi VARIABEL.
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
class pugcrut{  //nama class
 public :  //merupakan daftar fungsi yang akan ditampilkan
 int luas_4(int s);
 int keliling_4(int s);
 int luas_p(int a,int b);
 int keliling_p(int a,int b);
};
 int pugcrut ::luas_4(int s){  /*penulisan fungsi dengan prototype didahului dengan nama class dan tanda :: */
   return s*s;
  }
 int pugcrut ::keliling_4 (int s){
   return 4*s;
  }
 int pugcrut ::luas_p(int a,int b){
   return a*b;
 }
 int pugcrut ::keliling_p(int a,int b){
   return 2*(a+b);
 }
main (){
 int pil;
 do{
 system("cls");
 pugcrut j;   //nama dan objek class
  cout<<"\n\tprogram sederhana dengan class\n\n";
 cout<<"Luas dan keliling\n";
 cout<<"1.Persegi 4\n";
 cout<<"2.Persegi panjang\n";
 cout<<"3.Keluar\n";
 cout<<"----------------------> ";cin>>pil;
 switch(pil)
  {
 case 1:cout<<"\nLuas dan keliling persegi 4\n";
  int x;
  cout<<"___________________________________\n";
  cout<<"\n-Masukkan panjang sisi : ";cin>>x;
  cout<<"\nLuasnya : " <<j.luas_4(x);     /*pemanggilan class dengan pertama menuliskan
                   objek class diikuti tanda .
                 dan nama fungsi yang di panggil*/
  cout<<"\nKelilingnya : " <<j.keliling_4(x);getch();
break;
  case 2:cout<<"\nLuas dan keliling persegi panjang\n";
  int p,l;
  cout<<"___________________________________\n";
  cout<<"\n-Masukkan panjang : \n";cin>>p;
  cout<<"\n-Masukkan lebar : \n";cin>>l;
  cout<<"\nLuasnya : "<<j.luas_p(p,l);
  cout<<"\nKelilingnya : "<<j.keliling_p(p,l);getch();
  break;
   default:cout<<"\nAnda keluar !!!\n";
  break;
}
 }
 while(pil != 3);
}
Sabtu, 27 Juli 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
0 komentar:
Posting Komentar